Tanggal Hari Ini : 20 Aug 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Nanang dan Dunia Digital
Jumat, 10 Agustus 2018 03:26 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Dunia digital dan perkembangan internet marketing yang begitu masif dalam dua dekade terakhir  telah mengubah nasib Nanang Kristianto. Ia eksis dan larut dalam sebuah ceruk bisnis  yang lahir dari rahim dunia digital. Profesi sebagai seorang digital marketing, yang membesarkannya.

Profesi Digital marketing adalah pekerjaan memasarkan atau mengkampanyekan sebuah brand atau produk di dunia online. Mungkin jika anda pernah melihat ada sebuah perusahaan yang memiliki website dan akun sosial media dan berupaya untuk menawarkan atau memasarkan sebuah produk atau jasa yang dimiliki berarti ia telah melakukan pemasaran melalui dunia digital atau internet.

Ketika era digital marketing saat ini dirasa semakin efisien, mudah dan murah, perusahaan-perusahaan jasa online marketing tumbuh subur, seperti dirinya. Karenanya, ia merasakan bahwa profesi ini semakin banyak dicari, semakin besar perannya.

“Karena segmen dan perilaku auidens dan pelanggan berubah, maka cara berpromosi juga berubah. Kini setiap orang atau perusahaan dapat mempromosikan produk / brand tertentu melalui media internet, baik melalui website yang dipromosikan secara khusus, maupun melalui linimasa media social.. seperti facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya, “ ujar Nanang.

Sebagai seorang digital marketing, Nanang dituntut tidak saja harus memahami target pasar yang tepat, tetapi juga pengetahuan tentang produk yang dipasarkan.

Nanang Kristanto, nanang dan dunia digital, Kreativitas Tanpa Batas, iqro, publising film, perfilman indonesia

Memantapkan kerja bersama klien merupakan awal dari sinergis yang saling menguntungkan 


“Saya sering membantu klien untuk bersama-sama menganalisa target market, melihat sisi positif produk dibandingkan dengan produk pesaing, dan tentu saja strateginya memenangkan persaingan,” ujarnya kepada Majalah wirausaha dan Keuangan.

Menurut Nanang, banyak pewirausaha yang mampu membuat produk dengan baik, namun terkendala dalam memasarkan produk atau jasa yang dimiliki. Karena itu ia bersama kliennya melakukan analisa terhadap berbagai permasalahan yang dimiliki klien. Biasanya analisis tersebut dapat berupa target penjualan, pengembangan pasar, atau bahkan pembuatan produk baru.

Dalam tahapan yang pertama ini, lanjut Nanang, harus dilakukan dengan teliti, karena jika salah sedikit saja dapat berakibat fatal pada langkah selanjutnya.

Tahapan Digital Marketing yang kedua ialah, lanjut Nanang adalah memberikan solusi dan rekomendasi strategi dari analisa permasalahan sebelumnya agar klien memahami dan mengetahui strategi promosi yang tepat.

“Setelah kesepahaman tentang strategi yang dijalankan sudah sepakat, dan klien memahaminya, maka saya mulai mengatur strategi promosi dan pemasarannya. Tools promosi dan pemasaran juga disiapkan, diantaranya penyiapan design grafis, pembuatan website, kampanye di media sosial, beriklan melalui gogle, serta social media lainnya dari yang gratis hingga yang berbayar.

Bagi Nanang, klien harus sadar dan juga memahami alur promosi melalui internet atau online, bagaimana menyiapkan hingga memberikan respon, feedback hingga layanan. Bisa dibayangkan jika sebuah produk sudah dipromosikan secara online yang realtime, tetapi feedback dan layanan tidak sesuai yang diharapkan. Tentu ini sebuah malapetaka karena respon negative didunia maya juga memiliki efek viral yang sangat luar biasa besar.

Sejak mendeklarasikan diri sejak tahun 2004 sebagai seorang internet marketer, dan juga seorang konsultan IT dengan spesialist web developer, Nanang makin menyadari bahwa fenomena peningkatan pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin bertambah, hampir smua orang sekarang mengakses internet dengan mudah , mulai dari browsing maupun pengguna social media.

“Semua orang kini punya akun di social media, ini akan menjadi sebuah modal promosi yang sangat menguntungkan sekaligus sebuah peluang untuk memperkenalkan dan meningkatkan penjualan, branding perusahaan dengan cepat , efisien , murah dan mudah,” cetusnya.

Kini, lanjut Nanang, tidak ada lagi yang dapat menghentikan laju internet. Kita bahkan tidak dapat menyangkal bahwa internet telah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang. Semakin banyak orang mendapatkan informasi dari internet banyak orang yang secara online mencari sesuatu di internet. Sehingga sangat masuk akal bagi perusahaan untuk menggunakan internet sebagai alat pemasaran.

“Internet dapat menjadi salah satu cara yang paling efisien dan termurah untuk mempromosikan perusahaan. Karena meningkatnya biaya produksi media cetak, maka biaya iklan bisa selangit. TV dan iklan radio dapat menjangkau khalayak yang lebih luas namun hal tersebut juga seperti media cetak, siaran iklan biaya iklan di TV juga menjadi media yang mahal,”ujarnya.

Dengan Internet, lanjut Nanang, promosi bisnis dapat dilakukan dengan cepat. Selain efisiensi biaya, salah satu keuntungan dari iklan online adalah bahwa banyak cara kreatif dan efisien untuk mengiklankan secara online.

Didukung oleh tim dengan skill berkualitas, pengalaman dan professional, Nanang memposisikan diri kami sebagai pembuat website original sejak dari pekerjaan desain, Pembuatan Program dan database hingga implementasi. tidak pernah menggunakan CMS ataupun Framework opensource (gratisan) seperti Wordpress, Joomla, CodeIgniter, YII, Drupa, dll sehingga karyanya tetap original.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari