Tanggal Hari Ini : 18 Nov 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Danny Reeghan Shi, Olahan Ikan Oleh-Oleh Masa Depan Batam
Rabu, 07 Maret 2018 01:51 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Batam dikenal sebagai pulau dan kota konvensi terbesar setelah Bali. Berbagai seminar,  symposium hingga corporate gathering diselenggarakan di kota ini.  Jutaan orang dating,  sebagian banyak yang melanjutkan  melancong hingga ke Singapura karena jarak negara  tetangga ini tak jauh dari Batam.

Sebagai kota kepulauan dan memiliki beragam potensi hasil laut yang besar, Batam belum memiliki produk oleh-oleh atau buah tangan  bagi wisatawan yang dapat dibawa pulang, secara khas. Beberapa produk yang saat ini ada bukan  berasal dari produk asli Batam.

Salah satu produk asli Batam dan memiliki peluang untuk dikembangkan sebagai oleh-oleh wisatawan adalah aneka makanan olahan dari seafood. Poteni dan sumberdaya produk ini melimpah besar dan merupakan sebuah kekayaan yang luar biasa yang belum terlihat hingga kini.

Tantangan dan peluang inilah yang harus terus dikembangkan oleh masyarakat, khususnya oleh para generasi muda dalam menciptakan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat dan wisatawan, dengan cara mengubah, mengolah dan menciptakan produk-produk baru yang memiliki  nilai tambah dari bahan bahan baku yang melimpah.

Salah satu pengusaha yang peduli memperkenalkan produk-produk makanan olahan hasil laut  dan untuk menciptakan oleh-oleh khas Batam adalah Danny Reeghan Shi. Ia begitu terinspirasi mengembangkan makanan olahan hasil laut sebagai icon oleh-oleh makanan khas  dari Kota Batam.

 Berikut wawancara Majalah Wirausaha dan Keuangan dengan pengusaha produk makanan olahan ikan dari Batam, pemilik UD Boga Food Industries, Danny Reeghan Shi, dan kiprahnya mempopulerkan makanan sehat dari hasil laut ini. Petikannya. 

 Danny Reeghan Shi, Olahan Ikan Oleh-Oleh Masa Depan Batam, Oleh-oleh khas Batam, Pengusaha asal batam

Dapat  dijelaskan  latar belakang bisnis yang anda kembangkan saat ini. Sejak kapan bisnis produk bahan seafood ini Anda kembangkan di kota Batam. Apa saja jenis produk yang dihasilkan

Latar belakang bisnis ini dimulai dari  orang  tua  saya, ayah saya  bernama Herman  dan  ibu saya, Gwee Lie. Sekitar 25 tahun yang lalu  kami tinggal di Punggur (Kota Batam), waktu itu bapak saya masih seorang karyawan di sebuah restaurant.

 Dengan kehidupan yang pas pasan dan harus membiayai  saya  bersama dua adik saya, maka berpikirlah kedua orangtua saya untuk mencari penghasilan yang lain untuk menambah biaya hidup dirumah.

Melihat potensi hasil laut kita yang banyak dengan ikan,  dan ikan sangat sehat untuk kesehatan , maka mereka mencoba untuk menjalankan usaha bakso ikan  ini kecil-kecilan. Ternyata produk makanan sangat diminati oleh masyarakat Batam dan sekitarnya  sampai saat ini.

 

Apa Jenis produk yang dihasilkan?

Produk kami beraneka macam dengan bahan baku utamanya adalah ikan, misalnya bakso ikan bulat, bakso panjang, bakso gepeng, ngohiong ikan, naget sotong, bakso udang, bakso sotong, tahu isi ikan, pare isi ikan, okra isi ikan, kulit tahu isi ikan, jamur isi ikan, cabe TW isi ikan dan masih banyak lagi.

Sebagai generasi penerusnya saya ingin mengembangkan dan memperkenalkan  hasil laut makanan sehat khas Batam ini ke daerah yang lain.  Dengan kesempatan ini juga saya mau mengucapkan sangat berterima kasih kepada kedua orang tua kami yang telah memberikan kami inspirasi wirausaha dari bahan olahan ikan yang memiliki prospek di masa mendatang.

 

Sebagai bisnis produk olahan, banyak ketentuan yang menjadi persyaratan, bagaimana anda mengelola produk agar memiliki kualitas yang optimal dan dapat bersaing dengan lainnya.

Makanan sangat penting bagi tubuh  dan kesehatan kita, maka untuk olahan ikan yang kami produksi tersebut, kami selalu mengutamakan ikan yang segar dan jenis ikan terpilih. Dengan bahan baku yang segar dan bagus maka kualitas bakso ikan pasti akan bagus.

 

Infrastruktur pendukung sangat penting, sejauhmana  alat dan infrastruktur tersebut anda siapkan, Bagaiamana dengan respon dan dukungan pemerintah kota dalam mendukung usaha  yang anda geluti.?

Alat dan infrastuktur pendukung saya rasa cukup baik untuk saat ini, kami  mempunyai mesin-mesin dari stailess , coldstorage bahan baku dan bahan jadi yang terpisah, genset, folklif dan lain sebagainya, dan dari pemeritah kota juga sangat mendukung. Seperti dua bulan yang lalu kami diajak untuk pameran  produk makanan olehan di Jakarta. Kami  akhirnya mengetahui dan menjadi tahu betapa besar potensi bisnis makanan olahan dari ahsil laut, terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta.

 

Sebagai produk olahan, sejauhmana perkembangan usaha yang anda jalankan, dan apakah anda memiliki rencana dalam pengembangannya ke depan.

Rencana saya ingin mengembangankan produk kami lebih luas ke daerah lain. Agar daerah lain juga bisa menikmati makanan sehat olahan ciri khas Batam .

 

Saat ini pemerintah sedang menggalakkan pengembangan potensi hasil laut sebagai produk unggulan, bagaimana dengan pendapat anda

Kami sangat berterima kasih dan mendukung kepada pemerintah untuk pengembangan potensi hasil laut. Potensi laut kita dengan beraneka ragam ikan sungguh sangat besar. Jika masyarakat mampu mengolahnya dan menjadi aneka makanan olahan hasil laut, tentu ini akan memberikan nilai tambah yang besar. Kami yakin jika masyarakat dapat memberikan jilai tambah yang besar, dan pasar juga besar akan memberikan manfaat bagi masyarakat yang sangat besar.

 

Sejauh yang anda tahu, bagaimana respon masyarakat terhadap produk-produk hasil olahan laut, khususnya masyarakat Batam. Bagaimana dengan respon masyarakat di luar Batam, apakah sudah cukup familiar dengan oleh-oleh produk seafood untuk di bawa pulang?

Untuk Batam saya rasa masyarakat sudah banyak mengenal, karena produk kita dapat ditemukan diseluruh pasar tradisional Batam. Untuk  diluar Batam masih banyak yang belum mengenal, maka kami berencana akan membuat produk bakso ikan kita jadi oleh oleh khas Batam.

 

Sebagai sebuah bisnis, apa yang anda impikan dengan kemungkinan berkembangnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan olahan hasil laut. 

Sebagai sebuah bisnis saya juga berharap pelanggan saya bisa mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti yang kita ketahui ikan tanpa kholesterol dan banyak mengandung omega sehingga sangat sehat untuk di konsumsi bagi anak kecil sampai orang tua.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari