Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Tantangan Di Saat Krisis Ekonomi
Selasa, 24 Januari 2017 02:02 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Tahun 1998, ketika Indonesia dilanda krisis moneter, usai berhenti dari karyawan perusahaan di bisnis property,  Suharjito menjalankan usaha penjualan dan berdagang daging sapi di Jakarta. Ia memotong sapi di Boyolali, dagingnya dibawa ke Jakarta. Saat itu bisnis daging sapi lokal sangat menguntungkan karena harga daging import mahal harganya. 

Seiring dengan berkembangnya usaha yang ia dirikan, tahun 2002 PT Dua Putra Perkasa (DPP) yang dipercaya oleh berbagai perusahaan untuk mensuplay aneka produk daging lokal dan import. Para pelanggannya sudah menjangkau modern market, distributor, agen serta industri makanan olahan dan pasar tradisional di seluruh wilayah Indonesia.
Tahun 2005 perusahaannya melakukan diversifikasi usaha yang mulai ‘bermain’ dengan produk ikan seperti ikan salem, dory dan salmon baik yang bersumber dari penangkapan nelayan lokal maupun ikan dari hasil impor.
Pada saat yang sama PT DPP juga membangun gudang pertama dengan kapasitas 200 ton yang berlokasi di Pondok Gede Bekasi Jawa Barat sebagai upaya untuk memberikan supply berkesinambungan bagi para pelanggan utamanya.
Setahun kemudian PT DPP mulai melakukan produksi makanan olahan dengan brand “King Food”. PT DPP mendapatkan sertifikasi HACCP-Hazzard Analysis Critical Control Point menyangkut sistem keamanan produk makanan agar layak dikonsumsi.
Didukung oleh kelengkapan mesin produksi dari processing hingga storage dan distribusi, King Food mampu memenuhi kebutuhan pelanggan akan produk-produk processed food ke ruang makan masyarakat Indonesia.

Suharjito, PT Dua Putra Perkasa (DPP), King Food, Importir daging indonesia, pengusaha perikanan

Kantor sekaligus Gudang PT Dua Putra Perkasa (DPP) Perusahaan Penyuplai daging Lokal dan Import milik Suharjito


 

“Kami sudah mendapatkan sertifikasi internasional untuk menjamin keamanan pangan dan bahan makanan yang mengedepankan pendekatan pencegahan sehingga mampu memberikan jaminan aman tidaknya bahan makanan untuk dikonsumsi. Pemilihan bahan dasar, proses produksi, uji mutu dan pengawasan serta penyimpan yang berstandar internasional, menjadikan seluruh produk King Food terjamin dan juga halal untuk dikonsumsi,’ cetusnya.

Tertantang
Menurut Suharjito, kiprahnya untuk membangun industri di sektor pangan khususnya daging sapi, aneka ikan, dan pengolahan pangan bukanlah tanpa sebab. Pasar produk-produk tersebut, menurut Suharjito, sangat besar. “Pasar produk pangan di Indonesia peluangnya sangat besar. Sangat rugi jika kita tidak masuk dalam bisnis yang pasarnya sangat besar,” ujarnya.
Ia membangun pabrik bakso. Juga mulai mengembangkan penyediaan daging unggas dan ikan. “peluang pasarnya sama besar. Bahkan peluang bisnis di pengolahan ikan lebih besar dari yang ia bayangkan. Akhirnya ia memutuskan untuk membuat pabrik pengolahan ikan.
Di tengah persaingan dan tuntutan industrialisasi yang berpacu dengan teknologi maju, Suahrjito juga terus berinovasi di industry pengolahan, penyimpanan dan pendistribusian produk pangan khususnya produk daging sapi, daging unggas, ikan dan makanan olahan agar terjamin kesegaran dan kualitasnya, dan dapat dikirim tepat waktu hingga sampai ke pelanggan.
Ditengah persaingan yang ketat, Suharjito kemudian mengembangkan penjualan produk daging yang diperuntukkan untuk segmen hotel restaurant dan café (Horeca) yang banyak dibutuhkan oleh segmen kalangan menengah atas. Bekerjasama dengan “Stanbroke” – salah satu perusahaan produsen daging sapi terkemuka di Australia – PT DPP menjadi salah satu supplier untuk produk daging premium yang khusus dijual untuk kalangan hotel restaurant dan café tersebut.

Suharjito, PT Dua Putra Perkasa (DPP), King Food, Importir daging indonesia, pengusaha perikanan

Aktifitas Karyawan Pabrik Kingfood Milik Sujarjito, ketika memproduksi berbagai produk makanan andalan Pabrik Ini.


Kini PT DPP telah memiliki infrastuktur gudang penyimpanan/cold storage dan pusat distribusi yang berada di Kawasan Cipendawa, Bekasi, Jawa Barat. Letaknya yang dekat dengan jalan tol memungkinkan distribusi produk daging sapi dapat dilakukan dengan cepat dan lebih baik.
Cold Storage yang baru selesai dibangun tersebut mampu memuat lebih dari 20.000 pallet. Saat ini cold storage yang dilengkapi dengan teknologi tinggi untuk pengaturan suhu dan manajemen pergudangan ini selain digunakan sendiri oleh PT DPP juga disewakan dan untuk mendukung bisnis lainnya.
PT DPP juga mengembangkan unit usaha lain seperti pengembangan Budi Daya Tambak dan Armada Kapal Penangkapan Ikan. Untuk merealisasikan pengembangan awal usaha tersebut, PT DPP telah memilih lokasi strategis untuk operasionalnya, yaitu dengan membuka tambak budidaya udang seluas 60 ha di Kabupaten Kaur Bengkulu serta mengoperasikan 10 armada kapal pada tahap awal di pelabuhan Juwana, Pati Jawa Tengah untuk usaha penangkapan ikan.
Kepada Majalah Wirausaha dan Keuangan yang mewawancarainya, Suharjito mengungkapkan bahwa langkahnya yang kini sedang berjalan dengan mendirikan berbagai kegiatan produksi di sektor pangan khususnya daging sapi, unggas dan ikan, tidak serta merta berhasil dan sukses begitu saja.
Menurut Suharjito, kesuksesan adalah simultan dari berbagai kekuatan yang diberikan para karyawan di semua lini kegiatan untuk bekerja jujur dan lebih keras, para stakeholder yang terus menerus berfikir untuk melakukan inovasi dan diversifikasi serta pihak lainnya serta perbankan dan mitra kerjanya, termasuk distributor dan para pelanggannya.
Jika menengok ke perjalanan awal, sulit rasanya membayangkan kenyataan bahwa perusahaan yang ia dirikan benar-benar berawal dari modal kecil.
“Perbankan Indonesia sangat membantu kami, dengan memberikan kepercayaan dan dorongan hingga kami dapat berdiri seperti saat ini,” cetusnya.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari