Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Mengenang 635 Hari Berpulangnya Bambang Bob Satari Sadino, Action Dulu Pikir Belakangan
Senin, 28 November 2016 03:14 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Pernahkah anda ingin memulai dan memiliki bisnis tetapi belum goal-goal juga. Pernahkah anda membuat bisnis plan yang bagus tetapi anda sendiri ragu menjalankannya. Pernahkah anda menjalankan bisnis, baru satu langkah sudah dihadang banyak kendala. Pernahkah anda putus asa karena usaha yang anda kelola tidak kunjung besar. Pernahkah anda bangkrut dan dipermalukan oleh banyak kolega dan keluarga.

Semua perjalanan panjang dan cerita seperti ini adalah hal biasa. Banyak orang yang mengejar gelar tinggi di universitas-universitas, tetapi takut belajar di ‘universitas kehidupan’ yang sesungguhnya. Berwirausaha adalah belajar dari kampus kehidupan, dari guru berupa pengalaman.
Menurut Bob Sadino, salah satu penyebab banyaknya orang masih takut berguru dari pengalaman karena adanya cara pandang yang keliru tentang pendidikan. Mereka disebut pintar jika lulus sekolah atau kuliah, tetapi yang tidak sekolah dan kuliah sering dianggap bodoh.
Padahal menurut Bob Sadino, untuk menjadi sukses setiap calon pewirausaha harus memiliki banyak pengalaman di lapangan. Ini contohnya. Ketika seseorang mau berwirausaha berapa uang yang dibutuhkan untuk memulai wirausaha. Ternyata berdasarkan banyak pengalaman banyak calon pewirausaha yang tidak membutuhkan uang untuk memulainya. Mereka mungkin hanya membutuhkan geraobak, penggorengan, kompor, sodet, atau lain-lain. Sementara banyak yang menduga jika mau berwirausaha harus disiapkan modal yang cukup.

Bambang Bob Satari Sadino, Bob Sadino, Action Dulu Pikir Belakangan

Bob Sadino memiliki kiat agar setiap orang yang bermimpi menjadi pewirausaha dapat dengan segera merealisasikannya. Pertama, hilangkan rasa takut yang berlebihan, terutama takut gagal, takut bangkrut dan takut tidak dapat menjalankan bisnis. Rasa takut itu harus dihilangkan terlebih dahulu diganti dengan rasa senang atau bersemangat untuk memulainya. Rasa takut yang berlebihan akan mematikan nurani dan insting bisnis. Kedua, jangan terlalu berharap banyak dengan apa-apa yang sudah anda jalankan. Jangan terlalu berharap berlebihan dengan orang yang menjanjikan membantu atau memberikan bantuan modal, mempertemukan pembeli atau memberi bantuan lainnya. Jangan berharap banyak akan memudahkan bagi anda untuk tidak mudah kecewa. Terus berjalan dan memulai dan tidak terlalu menaruh banyak harapan. Ingat semakin banyak anda berharap semakin banyak anda akan menelan kecewa. Ketiga, milikilah kemauan yang kuat. Karena kemauan akan melahirkan keberanian. Hanya orang yang berani yang berhak mengenggam kesuksesan. Tetapi kemauan saja tidak cukup, harus ada tekat yang kuat untuk memperkuat kemauan. Terlebih jika di awal-awal kemampuan anda sudah diragukan banyak orang. Dengan kemauan dan tekad yang kuat anda memiliki bekal yang paling prinsip bagi setiap orang untuk mencapai kesuksesan. Keempat, harus jeli dan berani mengambil peluang. Setiap hari banyak berseliweran peluang-peluang bisnis, tetapi apakah anda mau dan berani menagkapnya? Mungkin risikonya terlalu besar, rumit atau banyak rintangannya. Ingat falsafah sederhana bahwa setiap usaha yang memiliki risiko yang tinggi dibaliknya juga mempunyai peluang rezeki yang tinggi juga. Kelima, tahan banting dan tidak cengeng. Katakanlah anda memulai bisnis dan langsung dihajar denga rugi atau dikempalng orang. Terhadap pengalaman ini anda jangan cengeng, jadikan pengalaman yang sudah anda lalui sebagai pengalaman yang berharga. Jangan juga cengeng dengan pengalaman yang membuat anda terperosok. Belajarlah dari pengalaman, karena pengalaman adalah guru yang terbaik. Keenam, bersyukurlah pada Sang Pencipta. Hal yang paling terpenting pada saat memulai usaha adalah anda harus beryukur pada sang pencipta sampai kapanpun, baik dalam kondisi susah maupun sukses, kerena yang memberikan semua rezeki itu adalah sang pencipta. Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha, meminta dan memohon untuk kebaikan dunia dan akhirat.
Marilah kita jalankan kiat-kiat usaha yang sudah diwariskan oleh Bob Sadino ini, dan marilah kita berdoa semoga ajaran-ajaran berwirausaha ini menjadi amalan sholeh da menjadi pahala bagi almarhum.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari