Tanggal Hari Ini : 16 Dec 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Ivana Indriany Dulu Pramugari, Kini Tukang Kue
Kamis, 06 Oktober 2016 08:01 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Banyak mantan pekerja profesional kini alih profesi. Mereka memilih menjadi pewirausaha mandiri, dengan beragam alasan. Ada yang ingin memiliki banyak waktu untuk keluarga tercinta, ada yang melihat prospek menjadi pewirausaha lebih menjanjikan dan lebih cepat menuju kemakmuran. Ada juga karena alasan passion yang membuatnya tertarik dengan bidang kerja yang disukainya. Ivana Indriany adalah sedikit dari mantan pramugari yang memilih menjadi pewirausaha. Pilihannya, seperti yang ia sukai, menjadi tukang kue. Berikut penuturannya.
Saya menikah tahun 2007, anak pertama saya lahir tahun 2008. Pada tahun 2009 saya mulai rajin membuat kue karena awalnya untuk anak dan suami. Tahun 2010 saya mulai mengenal sosmed (social media) seperti facebook, instagram, line dan sebagainya, namun hanya sebatas mengenal, belum aktif memanfaatkannya secara optimal untuk bisnis. Tahun 2012 anak saya yang kedua lahir. Saat itu saya mulai memikirkan kegiatan apa yang dapat saya kerjakan, dan memanfaatkan social media. Saya mulai membuat website pribadi.
Pengalaman saya dalam berbisnis, pada awalnya berawal dari inspirasi berbagai liputan di media. Ada banyak wanita sukses yang memanfaatkan sosial media, mereka berjualan aneka produk di rumah. Bekerja di rumah seperti inilah yang membuat saya tertarik.
Hobby saya sebenarnya membuat aneka kue. Sepertinya ini bakat saya sejak kecil. Untuk mencoba berbisnis kue saya mencoba mencari resep-resep kue dari berbagai media. Selain untuk mengetahui tren terbaru tentang menu-menu kue yang diminati masyarakat saat ini, saya juga ingin menciptakan menu baru yang belum ada sebelumnya.

Ivana Indriany, Ivana Cakes, Kue Brownies di Bekasi

 

Ivanna (nomor 3 dari kiri ) saat masih menjadi Pramugari. 


 

Ketika saya mencoba membuat kue, belum banyak yang tahu sebelumnya kalau saya bisa membuat kue, dan sedikit jago. Hasil kue saya saya cobakan kepada tetangga dan saudara terdekat. Mereka bilang rasa kuenya enak. Alhasil kue produksi saya banyak yang direkomendasikan di berbagai acara pertemuan atau arisan.
Momen ulang tahun anak saya, saya jadikan momen untuk promosi aneka kue buatan saya. Para tetangga, kenalan, saudara semua mengatakan kue buatanku enak. Saya semakin percaya diri untuk berwirausaha memproduksi kue. Tetapi saya saat itu belum tahu darimana memulainya.
Di acara ulang tahun anak saya, saya mengatakan kepada para tetangga, saudara dan kenalan yang hadir, jika ada acara yang perlu kue saya siap menyediakannya. Pelanggan pertama saya adalah tetangga-tertangga saya terdekat. Promosi dari mulut ke mulut itu terus berlangsung, dan semakin banyak yang memesan aneka kue dari saya.
Seperti keluarga yang lain yang menginginkan putra-putrinya bekerja di kantor bonafid, orangtua saya juga mempertanyakan keseriusan saya menggeluti bisnis kue. Ada kesan keluarga agak malu jika melihat saya menggeluti bisnis kue, namun karena saya telah bertekad bulat memutuskan menjadi pewirausaha dan meninggalkan pekerjaan keren. Sekarang keluarga semua sudah tahu keputusan saya terjun dalam usaha karena keluarga melihat keseriusan saya di bisnis ini.
Bisnis saya saat ini terus berkembang. Saya merasakan begitu cepatnya waktu berlalu, dari saya yang tidak bisa apa-apa belajar dan terus belajar, saya mengasah diri sampai akhirnya usaha saya mendapatkan lisensi dan ijin dari BPOM, PIRT dan Halal dari MUI. Rasanya bangga sekali karena perjuangan saya selama ini tidak sia-sia.

Produk Brownies di Bekasi, Jual Kue di bekasi, Produk Ivana Cakes

Aneka produk kue Ivana Cakes. 


 

Untuk mengasah kemampuan berbisnis dan menambah wawasan serta networking, saya bergabung dengan beberapa komunitas bisnis. Saya mengikuti komunitas bisnis kuliner, komunitas UKM, dan komunitas lainnya. Tujuan saya mengikuti komunitas tersebut adalah untuk mengasah otak saya serta menambah teman dan pengalaman supaya bisa lebih maju.
Beberapa media cetak sudah memawancarai pengalaman saya berbisnis. Hal ini tentu memperluas promosi Ivana Cakes, brand dan merek dagang kue yang saya dirikan. Saya merasa senang dan bangga sekali tentunya karena semua saya kerjakan sendiri dibantu suami tercinta.
Rencana ke depan dalam pengembangan bisnis saya ingin memiliki outlet sendiri, karena sekarang posisi kegiatan saya masih saya lakukan di rumah. Saya membutuhkan tempat untuk membuka outlet kue yang representative, dan saya sedang menabung untuk mewujudkannya.
Dalam menjalankan bisnis ini saya mengalami banyak suka dan duka. Namun suka dan dukanya sepertinya balance. Saat menjadi pebisnis saya memiliki percaya diri yang lebih kuat dari sebelumnya. Saya juga dapat bertemu dan berkenalan dengan orang-orang hebat, itu yang membuat saya bangga.

Produk Brownies di Bekasi, Jual Kue di bekasi, Produk Ivana CakesDi luar pasti banyak kompetitor dan banyak produk serupa di pasaran, namun saya yakin produk yang saya hasilkan memiliki kualitas yang dapat diandalkan, dan saya yakin Allah sudah mengatur rezeki hambanya, jadi mindset saya pun positif untuk menghadapi berbagai persaingan sehingga saya bisa menghasilkan karya terbaik. Inilah bisnis saya, passion saya. 

 


Mempromosikan  Brownsafary sebagai produk unggulan Bekasi.


 

Dunia kue adalah dunia yang saya sukai dan telah menjadi passion saya, maka saya merasakan memiliki ketertarikan dan kesenangan dengan dunia kue. Saat ini produk andalan saya adalah lapis brownies, dengan varian rasa redvelvet, green tea, cheese, tiramisu. Produk kedua yaitu brownsafary, perpaduan brownies klasik dan savory cake. Keduanya sudah sangat popular dikenal oleh pelanggan-pelanggan saya, dan saya berharap kedua produk ini dapat menjadi kue oleh-oleh khas Bekasi. Selain itu saya juga melayani snack box yang sering dipesan oleh kantor-kantor, teman-teman untuk acara rapat, dan acara lainnya.
Selama menjalankan bisnis insya Allah saya akan selalu bersikap baik terhadap semua orang, saya tidak mau ada masalah dengan siapapun, karena kunci keberhasilan saya salah satunya adalah harus berbuat dengan orang lain , siapapun dia.
Saat ini saya telah memiliki beberapa reseller di Jabodetabek dan luar kota, mereka adalah investasi terbesar saya. Dalam mengembangkan pemasaran saya membuat fanpage, web, mengikuti bazzar, sering aktif di sosmed untuk promosi, membagikan tester dan sebar brosur. Saat ini beberapa produk varian yang sudah ada, yaitu lapis brownies varian ada 4 rasa, brown safary satu rasa. Brownsafary adalah perpaduan brownies klasik dan safory yaitu cake asin. Saya ciptakan lapis brownies ini untuk memperkaya jenis brownies lainnya. Produk Ivana Cakes sudah halal MUI dan BPOM serta memiliki PIRT. Selain itu saya juga memproduksi produk lapis brownies dengan varian lainnya yaitu red velvet, green tea, cheese, pandan dan tiramisu.
Bahwa menjadi besar bukanlah suatu kebetulan, bahwa segala pencapaian sebetulnya memiliki proses yang kerap tidak disadari, waktulah yang akan membuktikan bahwa setiap detik yang kita lewati, setiap tindakan yang kita lakukan, dan setiap keputusan yang kita ambil memiliki kontribusi pada apa yang yang akan kita raih kelak, bahwa kesabaran, keseriusan dan tanggungjawab adalah modal yang sangat absolute agar dunia apapun yang kita pijak menjadi tidak sia-sia.
Alhamdulillah Ivana Cakes kini sudah dikenal oleh masyarakat. Sebagai mantan Pramugari yang pernah bekerja di Bouraq Airlines, dan Efata Papua Airlines ini biarlah profesi sebagai pramugari tetap menjadi kenangan indah. Saya memiliki cita-cita ingin menjadi pengusaha sukses, dan terima kasih kepada orangtua saya Bapak H SM. Pranata dan Ibu saya Hj Titik indrawati, serta suami saya Agung Taufik Ferdiansyah dan kedua anak saya Keiza Agiva dan Ibrahim Gibran yang mendorong dan mendoakan kesuksesan saya.
Berawal dari hobby memasak, membuat kue, dan kini saya akan terus fokus untuk mengembangkan usaha. Kami menerima pesanan aneka kue, snack box, nasi box, kue tampah, kue nampan, tart, dan lain-lain. Fresh made by order. Bagi yang berkenan untuk melakukan pemesanan dapat berkunjung ke rumah produksi kami Jl. Pandega E No 94 Blok VI Rt 04/07 Perumahan Bumi Bekasi Baru, Rawalumbu Bekasi 17116, atau menghubungi melalui WA 081283422384, HP 08567619176 atau BBM 575F61CA. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari