Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Rika Gunawan, Tetap Kekeh Berwirausaha
Kamis, 14 Januari 2016 04:24 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Cantik, pintar, smart,  dan bersemangat. Itulah sekilas profil Rika Gunawan (22). Alumnus Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Jakarta ini tetap kekeh memilih menjadi pewirausaha dengan segala keterbatasannya, dibandingkan harus bekerja kantoran seperti yang menjadi pilihan banyak orang.

Memulai dari bisnis kecil, Rika menjual ‘kerupuk wortel’ yang ia promosikan di jejaring sosial kepada para pelanggannya. Melalui facebook, twiter, bahkan Instagram, setiap hari ia berkicau menjual produknya menawarkan kepada para pelangganya di dunia maya. Bisnis kecil mungil yang ia dirikan perlahan-lahan menjelma menjadi usaha yang cukup layak untuk dikembangkan dan memberikan penghasilan yang cukup bagi Rika.

“Usaha saya sudah mulai berkembang, sudah mulai terlihat hasilnya,” ujar Rika kepada Majalah Wirausaha dan Keuangan.

Ikhwal berbisnis ‘kerupuk wortel’ yang dijalani Rika ini berawal dari gagasannya melakukan pemberdayaan masyarakat yang ada di sekitar rumahnya. Ia melihat banyak para wanita yang masih menganggur di sekitar rumahnya, tidak memiliki kegiatan produktif yang menghasilkan uang. Di sisi lain ia ingin juga memiliki usaha yang mudah pengelolaannya tetapi tidak perlu modal besar, dan produknya unik sehingga mudah diterima oleh pasar.

 Rika Gunawan, OCBC NISP, YES competition, young entrepreneur spirit,

Dukungan OCBC NISP

Melalui Program Young Entrepreneur Spirit (YES) yang digagas oleh Bank  OCBC NISP September 2015 lalu  ia terpilih sebagai peserta untuk mengikuti program pelatihan dan motivasi berwirausaha. Di acara tersebut ia diajarkan pengetahuan untuk membuat business plan, dari rencana produksi, pemasaran hingga menghitung kelayakan usaha. Proposal usaha tersebut kemudian diuji dalam sebuah kompetisi business plan oleh team panel ahli. “Proposal kami diuji kelayakannya, layak apa kurang layak untuk dijalankan,” ujarnya.

Rika bersyukur, proposal usahanya masuk juara 3 dalam kompetisi YES OCBC NISP 2015 dan berhak mendapatkan dukungan dana pengembangan bisnis sekaligus pendampingan usaha. Hingga saat ini ia masih berada dalam tahap pendampingan usaha, hingga usaha yang ia jalankan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Jumlah dukungan dana yang diberikan oleh Bank OCBC NISP  dirasakan cukup untuk merealisasikan impiannya  membangun bisnis makanan ringan/snack.

 

Berkembang

Usaha ‘kerupuk wortel’ dengan brand ‘Ika Iki’ telah memiliki banyak peminat baik dari Jakarta maupun luar kota Jakarta.  Namun Rika tak ingin usaha dan penghasilannya terbatas dari hanya menjual ‘kerupuk wortel’.

Belajar dari pengalaman dari beberapa pemilik usaha yang bergerak di industri makanan dan saran dari seorang mentor bisnis yang mendampinginya, ia memutuskan untuk mengembangkan usaha lebih luas dan lebih besar lagi dengan mengubah strategi bisnis dari sekedar hanya menjual ‘kerupuk wortel’ menjadi  trader dan bisnis makanan ringan, di bawah bendera usaha “Ikaiki Food”.  Brand ini memiliki variasi produk yang lebih banyak. Selain menjual kerupuk wortel, juga menjual  aneka kue seperti Choco Banana, Choco Cheese, Jagung Mayo, Macaroni Mayo, Bayam Mayo, Smoked Beef, Sosis Telur Mayo, dan beberapa produk makanan ringan lainnya. Menurut Rika, dalam setahun kedepan ia berharap memiliki 50 variasi produk yang dapat ditaearkan kepada para pelangganya. Bahkan untuk kerupuk wortel saja kini ia sudah mengembangkan 8 variasi rasa yang berbeda.

Penerima UNJ  Award Bidang Kewirausahaan ini berharap langkah kecilnya ini dapat menjadi bagian dari solusi untuk membuka lapangan kerja bagi dirinya sendiri, dan bersyukur dapat memberikan lapangan kerja bagi para tetangga-tetangganya yang masih menganggur. Langkah pengembangan juga sudah ia rancang dengan mengandeng para mitra untuk maju bersama. Siapa berminat? 

 

-------------------------------------------

Rika Gunawan

Owner IKAIKI FOOD

085716294678

BBM 5A7F3013

Facebook : Rika Gunawan

Instagram : @rikagunawan

Path : Rika Gunawan

Twitter : @ririkagunawan

Email : rikarikagunawan@yahoo.co.id

-----------------------------------------------

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari