Tanggal Hari Ini : 16 Dec 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Anna Wardiyati, Membangun PKBM Berwawasan Wirausaha
Senin, 24 Agustus 2015 05:29 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Berbekal semangat dan kepedulian dalam meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan masyarakat, saya mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cemerlang.  Seiring berjalannya waktu, jumlah masyarakat yang membutuhkan pembinaan baik untuk memperoleh pendidikan nonformal maupun berbagai keterampilan dan keahlian di PKBM Cemerlang semakin meningkat. Dengan demikian saya mulai merintis kewirausahaan untuk memenuhi kebutuhan operasional dan sarana dan prasarana tersebut.

Dalam merintis kegiatan kewirausahaan saya melibatkan sebagian besar perempuan-perempuan yang termarginalkan, yaitu diantaranya  para janda, perempuan pengangguran, perempuan putus sekolah dan ibu-ibu rumah tangga dari keluarga tidak mampu. Bersama masyarakat tersebut saya melakukan kegiatan produktif yang dapat menghasilkan uang sehingga hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk membiayai kegiatan PKBM dan meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja yang terlibat.

Salah satu kegiatan usaha yang saya lakukan adalah memproduksi minuman buah Carica dengan brand Carica Semerlang. Bahan baku minuman ini berasal dari buah Carica,  yang merupakan buah dari rumpun pepaya kerdil yang pohonnya hanya dapat tumbuh dan berbuah di dataran tinggi saja, yang memiliki ketinggian antara 1500 sampai dengan 3000 dpl.

Di dunia, buah Carica hanya tumbuh di 3 negara saja, yaitu Amerika latin, Rusia, dan Pegunungan Dieng Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia.  

Buah Carica tumbuh liar di Dataran Tinggi Dieng, dan merupakan buah yang berlimpah dan ketersediaannya setiap saat ada. Hal ini dikarenakan buah tersebut bukan merupakan buah musiman. Sebelum adanya penelitian, dahulu buah Carica banyak dibuang, dikarenakan tidak memiliki rasa dan bergetah, sehingga gatal apabila dikonsumsi langsung.

Anna Wardiyati, Membangun PKBM Berwawasan Wirausaha, (PKBM) Cemerlang, buah Carica,  PT Indomarco Prismatama Tbk ( Indomaret), PT Inti Cakrawala Citra ( Indogrosir), Careffour, PT Lion Superindo ( Superindo

Buah ini banyak dibuang dan tidak dimanfaatkan masyarakat karena dianggap tanaman liar yang mengganggu hasil pertanian lainnya. Namun seiring berjalannya waktu, dengan adanya peneliatian ternyata kandungan buah Carica sungguh luar biasa. Buah ini mengandung : Vitamin A sangat tinggi melebihi kandungan vitamin A pada wortel sehingga sangat baik untuk kesehatan mata, juga mengandung vitamni C yang juga melebihi kandungan vitamin C pada buah jeruk, sangat baik dalam menjaga kebugaran dan pencernaan. Dan yang paling menakjubkan, buah carica juga mengandung arginin, yang dapat menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh

 

Proses Kreatif

PKBM Cemerlang mengolah buah Carica menjadi minuman buah segar.  Daging buah yang tanpa rasa dicampur dengan Sirup Carica sehingga menghasilkan minuman segar beraroma khas dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Sirup Carica dibuat dari perasan biji buah Caria, gula, dan air. Melalui proses pengasapan daging buah, perbandingan bahan produksi yang tepat,  higienitas produksi, dan sterelisasi ulang pada produk sehingga tanpa bahan pengawet kimia, minuman buah Carica Cemerlang ini memiliki daya tahan 3 hingga 4 bulan.

Minuman buah Carica Cemerlang juga tidak menggunakan pewarna kimia, warna kekuningan pada sirup berasal dari perasan biji yang dihaluskan.

Dikarenakan tidak menggunakan bahan kimia, sehingga Carica Cemerlang tidak memilki ketahanan yang baik apabila terkena panas atau sinar matahari langsung. Dengan demikian saran penyimpanannya yaitu diletakkan pada tempat yang teduh , dingin, atau almari pendingin/ showcase.

Carica Cemerlang siap untuk dikonsumsi secara langsung, atau dicampur sebagai pelengkap cocktail. Dan lebih segar dan nikmat apabila dikonsumsi dengan ditambah es batu atau didinginkan dalam almari pendingin.

Produksi pengolahan buah Carica ini sudah dimulai sejak tahun 2011, berawal dari produksi yang tidak menentu, dan hanya coba-coba. Saat itu, produk hanya diproduksi secara terbatas, dikarenakan tanpa bahan pengawet dan merupakan produk fresh sehingga diproduksi dibuat sesuai pesanan saja. Namun ternyata dari waktu ke waktu permintaan produk bertambah banyak, bahkan berlipat-lipat jumlahnya.

 Anna Wardiyati, Membangun PKBM Berwawasan Wirausaha, (PKBM) Cemerlang, buah Carica,  PT Indomarco Prismatama Tbk ( Indomaret), PT Inti Cakrawala Citra ( Indogrosir), Careffour, PT Lion Superindo ( Superindo

Saat ini, produksi Carica Cemerlang rutin minimal 200kg / 2 kwintal setiap harinya,  beromzet  Rp65 juta hingga Rp80 juta setiap bulannya.

Untuk meningkatkan peran masyarakat setempat, PKBM Cemerlang mengelola produksi dari hulu hingga hilir, dan melibatkan banyak pihak, antara lain para petani pemasok bahan baku buah Carica, hingga packing produknya.  

PKBM Cemerlang memasarkan produknya melalui berbagai sarana penjualan, baik penjualan secara online, penjualan langsung di outlet-outlet cabang Carica Cemerlang, dan penjualan melalui kerjasama kemitraan dengan ritel-ritel modern sebagai pemasok / suplier diantaranya yaitu bermitra dengan PT Indomarco Prismatama Tbk ( Indomaret), PT Inti Cakrawala Citra ( Indogrosir), Careffour, PT Lion Superindo ( Superindo) dan  berbagai peritel, supermarket maupun swalayan lainnya.

Untuk masyarakat yang menghendaki pembukaan cabang Carica Cemerlang, khususnya di daerah kota, PKBM Cemerlang membuka sistem kerjasama kemitraan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Usaha ini sangat prospektif sebagai pembelajaran kewirausahaan, dan cukup laku untuk dijual di  rumah-rumah  makan, depan pusat perbelanjaan, lokasi obyek wisata, kantin sekolah, kampus, halaman parkir, perempatan jalan, daerah yang bercuaca panas, maupun di lokasi lain yang strategis.  Paket kemitraan yang mulai dari  Rp7,5juta hingga Rp30juta. Para peminat yang ingin bekerjasama dapat menghubungi saya di nomor telepon 0286 322634, atau handphone 081327280245, email pkbmcemerlang@gmail.com.

 Selain mengelola usaha buah Carica, PKBM Cemerlang juga mengelola usaha dan kegiatan lainnya, seperti mengelola koperasi, mengelola kegiatan program kesetaraan, program keaksaraan, berbagai kursus dan pelatihan, mengadakan kegiatan pelatihan kewirausahaan, memproduksi aneka busana, dan lainnya. Semua program dikelola secara professional dan berwawasan kewirausahaan, dengan harapan PKBM Cemerlang dapat menjadi solusi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat marjinal di pedesaan, khususnya yang berada di Kawasan Krasak, Mojotengah, Wonosobo, dan daerah lainnya. 

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari