Tanggal Hari Ini : 21 Oct 2018 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Kurniasari Kepala Unit BRI Mappi, Cabang Merauke, Papua. Telah Menyatu dengan Kehidupan Masyarakat
Selasa, 24 Maret 2015 02:34 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Mappi bukanlah wilayah kabupaten yang ramai. Namun kabupaten yang baru dimekarkan dari  Kabupaten Merauke tahun 2002 ini memiliki potensi ekonomi yang sangat besar.

Kabupaten Mappi memiliki luas wilayah 28.518 kilometer persegi, terbagi menjadi 10 distrik, 136 kampung, dan 1 kelurahan, dengan Kota Kepi yang berada di distrik Obaa sebagai ibukota kabupaten.

Potensi ekonomi terbesar di wilayah Kabupaten Mappi adalah hasil pertanian dan perkebunan, namun kayu gaharu merupakan komoditas terbesar yang dibanggakan oleh masyarakat  dari wilayah ini. Kayu gaharu diperoleh masyarakat dengan cara berburu hingga ke pedalaman hutan. Sebagian besar kayu gaharu yang berkualitas baik dapat ditemukan di Distrik Assue, Singo, Citak Matak hingga Asmat.

Namun bukan gaharu saja yang terkenal di wilayah ini, beberapa produk seperti kulit gambir dan kayu-kayu jenis uli, meranti, dan beberapa kayu hutan lainnya juga banyak dijualbelikan di sini.

Bagi masyarakat Mappi yang tinggal di dekat perairan, seperti laut atau sungai, ada yang memilih menjadi penangkap ikan, namun kebiasaan berburu masih tetap dilakukan.

Masyarakat Mappi masih mengkonsumsi sagu sebagai sumber makanan sehari-hari. Namun bahan seperti umbi-umbian, jagung, kacang tanah, dan kacang hijau juga banyak dibudidayakan.

Potensi perkebunan yang juga dibudidayakan oleh masyarakat antara lain kopi, karet, kelapa,  jambu mete, kakao, cengkeh, dan kapuk.

Infrastruktur pembangunan di Mappi belum sepenuhnya merata. Banyak jalan yang belum beraspal, terlebih jalan penghubung antar distrik.

Kurniasari Kepala Unit BRI

Beberapa wilayah seperti distrik Edera dengan ibu kota Bade memiliki infrastruktur yang cukup memadai karena merupakan kota pelabuhan yang banyak disinggahi orang. Jalan-jalan banyak yang sudah beraspal, ada pusat perdagangan, ada penginapan, ada  saluran listrik dan telepon.

Kepi, sebagai ibukota kabupaten yang terletak di Distrik Obaa memiliki lapangan udara yang dapat didarati pesawat jenis Twin Otter sehingga menjadi pilihan moda transportasi untuk melayani kebutuhan perjalanan dari dan ke Kabupaten Mappi.

Perjalanan ke Kabupaten Mappi sementara hanya mengandalkan transportasi udara dari Kabupaten Merauke dengan menggunakan Pesawat jenis Twin Otter Musamus milik Pemda Merauke dengan lama perjalanan kurang lebih 2 jam. Perjalanan udara sangat tergantung dengan cuaca, sehingga jadwal pesawat tidak bisa dipastikan.

Jika perjalanan melalui darat hanya bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor dengan kondisi jalan tanah yang berlumpur dan harus menyeberangi 2 sungai, dengan lama perjalanan yang cukup panjang, hingga mencapai 12 jam.

Sarana jalan aspal baru terdapat di ibu kota kabupaten Kepi, sedangkan untuk menuju ke  distrik-distrik lain jalan yang tersedia masih berupa jalan tanah yang dipadatkan.

Jarak antar distrik di Mappi yang cukup jauh sebagaimana halnya di wilayah lain di Papua juga merupakan kendala tersendiri.

Komunikasi melalui telepon hanya tersedia untuk masyarakat yang berada di Kepi, sementara di distrik lain masih belum tersedia, demikian juga dengan pelayanan listrik PLN yang hanya tersedia hanya malam hari, dari jam 18 hingga jam 24.00 WIT.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari