Tanggal Hari Ini : 25 Nov 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Jalan Investasi Benar Tambah Tahun Tambah Kaya
Selasa, 26 Februari 2013 12:30 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Berbisnis  dengan benar, dan berinvestasi tepat akan menghasilkan sinergi percepatan kekayaan yang luar biasa. Chef Kamal, pria pemilik usaha Tiramisu Cake Shop & Catering yang beralamat  Jl. Sawah Kurung IV No. 15 Bandung  ini memiliki pengalaman yang  sangat inspiratif tentang bagaimana menjalankan bisnis mulai dari nol,  dan secara bersamaan melakukan investasi sehingga meningkatkan asset dan kekayaan lebih cepat dan lebih besar.

Menurut Chef Kamal (45), ketika pertama kali memutuskan untuk berbisnis sendiri pada tahun 2003  sebenarnya ia tidak memiliki modal yang cukup untuk mengawalinya. Langkah yang ia tempuh saat itu adalah menjual mobil satu-satunya yang ia miliki sebagai modal untuk memulai usaha.  

Meski tidak memiliki modal yang cukup, namun usaha sendiri yang dirintisnya sejak lima tahun sebelumnya ketika masih bekerja sebagai chef disebuah hotel bintang lima di Bandung telah memiliki cashflow yang baik, artinya cukup dapat diandalkan sebagai bisnis meskipun saat itu masih kecil-kecilan. Produk yang dijual antara lain tiramisu, cheese cake dan aneka makanan ringan lainnya. Ketika Chef Kamal benar-benar akan berbisnis sendiri setidaknya pijakan bisnisnya sudah kuat karena bisnis yang dijalankan  adalah kegiatan keseharian/sama dengan yang mereka lakukan selama bekerja di hotel.

Uang hasil penjualan mobil digunakan untuk memperbaiki rumahnya yang berada di Jalan Sawah Kurung IV sehingga dapat digunakan menjadi gerai usaha yang memadai. Meski berada di lokasi di tempat bukan jalan utama, namun pelanggan yang datang cukup banyak. Penjualan tiramisu, cheese serta pesanan kue lainnya meningkat pesat.

Saat itu semua pekerjaan masih dijalankan sendiri dan hanya dibantu oleh beberapa karyawan, dan baru beberapa waktu kemudian jumlah karyawannya ditambah karena jumlah pesanan semakin meningkat. Ia sendiri kemana-mana masih naik vespa kuno, dan memodifikasi vespanya menjadi kendaraan antar pesanan yang efektif, jumlahnya semula 1 buah vespa tetapi kini jumlahnya mencapai 5 buah vespa. Vespa sendiri bukan hanya semata sebagai alat transportasi tetapi juga menjadi barang investasi. Karena harganya semakin lama semakin mahal, bandingkan dengan motor biasa yang semakin lama semakin menurun harganya.  

Chef Kemal   Jalan Investasi Benar Tambah Tahun Tambah Kaya

Setelah menghitung-hitung usaha yang mulai memberikan keuntungan, Chef Kamal memutuskan membeli sebuah rumah dua lantai yang tidak jauh dari rumahnya untuk digunakan sebagai gerai dan rumah produksi yang lebih besar dan memadai. Tiga tahun lalu ia membeli Rp800 juta, dan saat ini rumah tersebut  sudah meningkat nilainya menjadi Rp 3 miliar.  Apakah tiga tahun lalu ia membeli secara tunai? Tidak, ia membeli secara mencicil dari usaha yang dijalankan.

Di lokasi yang baru tersebut, selain dijadikan gerai dan rumah produksi juga dibangun tempat kursus kuliner, juga kost-kostan sehingga memberikan income tambahan. Di tempat kursus ini diselenggarakan kegiatan kursus memasak/kuliner yang diselenggarakan setiap hari sabtu dengan biaya per orang per sekali datang sebesar Rp400 ribu per orang. Jumlah peserta kursus yang datang bisa mencapai 4-8 orang per minggu, bahkan kadang-kadang mencapai puluhan orang.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari