Tanggal Hari Ini : 22 Sep 2017 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Sa Wong Sa Wit “Satu Orang Satu Pohon”
Rabu, 03 Oktober 2012 16:10 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Bupati Kabupaten Kendal Dr Widya Kandi Susanti MM.CE terus menggenjot upaya mensejahte-rakan masyarakat desa dengan program Jelajah Desa, yang bertujuan memberdayakan masyarakat dengan menumbuhkembangkan
UMKM di desa-desa di Kabupaten, Kendal. Bagaimana kiprah dan upayanya untuk membangun kewirausahaan masyarakat desa didaerahnya. Berikut petikan wawancaranya. “Apa dan bagaimana pelaksanaan program Jelajah Desa dan target kedepannya” Program ini dijalankan dalam rangka sosialisasi secara pribadi selaku Kepala Daerah tentang rencana aksi pelaksanaan MDG – millennium development goal, yang di dalamnya hanya diamanahkan
target perbaikan sektor kesehatan, ekonomi dan lingkungan hidup.

Sekaligus dalam upaya mencaritahu dan mengangkat potensi daerah. Jadi kita mengetahui banyak potensi- potensi desa yang ada, yang perlu dikembangkan dan diperdayakan. Apakah juga dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap angka kemiskinan yang terus meningkat dari hasil riset / penelitian lembaga pemerintah maupun swasta Saya ingin membuktikan apakah data tersebut benar. Dengan terjun langsung kelapangan untuk mengetahui permasalahan masyarakat di desa. Permasalahan mereka itu kompleks se-perti halnya benang kusut harus diurai satu-persatu simpulnya. Contoh, angka kepenyakitan TBC yang tinggi di desa, kendati sudah ada program pemberantasan TBC sejak 1998.

Angka kematian bayi, balita dan Ibu yang tinggi, meski sudah ada program KIA. Mengapa? Ternyata program idak berjalan baik, ada pelaporan yang tidak benar, dan, kondisi sosial ekonomi yang sangat berat. Setelah mengetahui masalah, lantas apalagi misi Jelajah Desa. Kita juga harus tahu apa yang diingini masyarakat, kita padukan dengan potensi yang dimiliki, karena satu daerah dengan daerah yang lain memiliki potensi yang berbeda. Tinggal kita arahkan dan bantu angkat “push” untuk bisa menjadi potensi ikon UMKM daerah. Sudah ratusan desa yang dijelajahi dan diberdayakan dengan menumbuhkembangkan UMKM, tetapi belum semua desa. Ini dilakukan dalam rangka pe-nguatan ekonomi kerakyatan.

Bagaimana potensi SDM dan SDA di desa SDM serendah apapun tidak masalah, semua bisa kita poles ketrampilannya asal ada niat dan tekad, bahkan anak berpendidikan SLB pun bisa, yang terpenting mereka memiliki keinginan dan motivasi membangun dirinya untuk mandiri dan mencukupi ekonomi rumah tangganya. Potensi SDA - kekayaan alam Kabupaten Kendal luar biasa. Keduanya dipadukan menjadi UMKM pontensial, misalnya: kerajinan kulit, tas dan kayu, industri makanan bandeng tandu, serta industri batik Kendal. Potensi tersebut saya coba hidupkan dan kembangkan, karena dapat mendongkrak sektor perekonomian Kab. Kendal. Potensi daerah yang mana / apa, yang paling Ibu anggap suatu surprise.

Menghidupkan kembali industri Batik Kendal (Baca : Kebangkitan Batik Kendal) Lantas, untuk permodalan usaha. Kita bantu mendirikan koperasi desa, mengakses kredit UMKM / KUK / KUR perbankan daerah dan swasta. Salah satu contoh yang unik, kami mendirikan Koperasi Ruang Terbuka Hijau (KRTH), untuk pasangan yang mau menikah diwajibkan menanam dua pohon buah yang ditetapkan sesuai potensi masing-masing desa. Juga buat pasangan yang melahirkan satu bayi wajib menanam satu pohon buah lagi. Kebijakan ini didukung dengan Perda Sa Wong Sa Wit – satu orang satu pohon, yang berlaku untuk dua anak. Untuk anak ke 3, wajib tanam 5 pohon, anak ke 4 harus tanam 10 pohon. Seterusnya, meningkat 2 kali. Perda ini juga membantu program KB di dalam membatasi jumlah anak.

Ibu Dr Widya optimis program Jelajah Desa akan berhasil…. dan harapan dan target kedepannya Kita harus selalu optimis, agar semua yakin melaksanakannya, dan program dapat berjalan dengan baik. Harapan kami, program Jelajah Desa berjalan dengan baik, sehingga ada penguatan ekonomi rakyat di daerah, yang menyokong penguatan ekonomi nasional. Target kedepannya menuju masyarakat maju, mandiri, dan sejahtera.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari