Tanggal Hari Ini : 18 Sep 2014 Login - Daftar
 
Profil | Info Usaha | Peluang Usaha | Entrepreneurship | Strategi Usaha | Keuangan | Profil Sukses | Jadwal Seminar
WaralabaInfo ProductBisnis OnlineIde BisnisInformasi Kumpulan Usaha MemberPendaftaran memberForum WirausahaMerchandiseInfo Iklan
 
Bisnis Itu Gampang
Rabu, 15 Agustus 2012 10:59 WIB
Administrator



BERITA TERKAIT

Bisnis  itu gampang. Siapa yang menganggap bisnis sulit. Banyak menganggap bisnis sulit karena belum tahu saja. Atau gampang karena sudah tahu jalannya. Liku-liku bisnis kadang membuat sesorang hafal jalannya. Karena hafal, dan terbiasa berbagai kesulitan dan kendala bisnis yang sering melanda pebisnis baru sudah tidak terasa.

Bagaimana jika bisnis bangkrut? Ya tidak apa-apa.  Jika terus berikhtiar lama-lama suksesnya juga akan datang.  Ini kisah tentang Suyatno (53), lelaki asal solo, Jawa Tengah yang telah merantau ke kota Denpasar. Pendidikan rendah, pengetahuan kurang, apalagi pengetahuan tentang bisnis. Tetapi Suyatno tahu, jika sebuah pekerjaan ditekuni kelak pasti ada hasilnya.

Ia memilih menjadi penjual bakso. Mula-mula berdagang dengan pikulan, kemudian berkembang  berdagang dengan gerobak, hingga kemudian mangkal disebuah lokasi yang cukup ramai. Dari hasil berjualan bakso, Suyatno membeli pekarangan, tanah dan sawah sebagai  sebagai tabungan.  

Bisnis Suyatno berkembang. Dari satu outlet ia mendirikan outlet di tempat lain yang berbeda, jaraknya tidak jauh-jauh masih dalam jangkauan pengawasannya. Jika  dari salah satu outletnya beromzet  Rp1 juta per hari dengan hasil bersih Rp300ribu perhari, dalam sebulan ia mengantongi keuntungan Rp9 juta per hari. Padahal ia memiliki 5 outlet gerai bakso.  Jika masing-masing outlet memberikan keuntungan bersih per hari Rp300 ribu x 5 outlet = Rp1,5 juta per hari, atau Rp45juta per bulan atau sebesar Rp540juta per tahun.

Pantas setiap tahun ia setiap tahun bisa membeli rumah baru, dengan 6 kamar, dan masing-masing kamar dikontrakan sebesar Rp500ribu per bulan.Begitulah bisnis bergulir dengan sangat gampangnya. Sangat mudahnya.

Suyatno yang tidak tahu menahu ilmu investasi malah paham investasi. Suyatno yang tidak ngerti diversifikasi bisnis, malah jago diversifikasi bisnis. Sepertinya bisnis sangat mudah baginya. Belum lagi ia juga mulai merambah bisnis transportasi, bisnis sewa menyewa kendaraan bemotor .  Sepertinya tidak menggunakan business plan tetapi mengapa bisnisnya lancar dan berjalan seakan sesuai dengan hitungan?

Bagi kebanyakan orang, bisnis sangat menakutkan. Takut gagal, takut bangkrut. Karena itu inisiatif  untuk membangkitkan kembali keberanian berwirausaha harus dimulai dari sekarang. Harus semakin banyak kisah-kisah Suyatno yang diperdengarkan.

Bahwa gagal itu hanyalah satu sebab dari langkah kita untuk berani mulai berwirausaha. Tetapi ada sebab lain, yaitu sebab keberhasilan.Ikhtiar, bekerja keras, dan fokus pada pekerjaan dan bisnis yang digeluti, meskipun dari merangkak sekalipun tetaplah memiliki harapan. Karena  hidup tidak ada yang mampu mengira-ngira apa yang akan terjadi dalam setahun, lima tahun atau sepuluh tahun ke depan, kecuali tetap konsisten.

comments powered by Disqus
 


Terbaru
Terpopuler
Terkomentari